Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat bahwa buah kelapa ini memiliki banyak manfaatnya. Jika bicara mengenai kelapa selain buahnya, bagian tumbuhannya pun mulai dari akar hingga daun juga memiliki manfaat. Pasti dari kalian belum mengetahui ada hal lain dari kelapa ini yang juga mempunyai manfaat yaitu ampas kelapa.

Namun, sebelum membahas tentang ini perlu kita mengetahui asal usul pada kelapa ini. Kelapa merupakan tumbuhan berkeping satu, berakar serabut dan termasuk golongan palem. Sering kelapa ini disebut dengan klapper atau kelopo di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada tanaman kelapa ini dikenal dengan sebutan pohon kehidupan, bahwa penggunaan buah kelapa ini digunakan bahan makanan dan kesehatan. Kemudian memang buah kelapa ini bermanfaat, dan tanpa efek samping. Selain itu pada pohon kelapa ini dipandang sebagai hasil panen yang berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan masyarakat yang khususnya di daerah tropis.

Oleh karena itu dari hasil analis ini bahwa pada kelapa bisa diubah sebagai pakan ternak dan ikan. Kemudian ampas kelapa ini murni dengan kadar protein kadar lemak yang cukup tinggi. Selain itu ampas kelapa ini bisa menurunkan kadar kolesterol darah yaitu mengandung serat galaktomanan. Pada penggunaan ampas kelapa ini dengan cara difermentasi. Ampas yang difermentasi digunakan dibidang peternakan untuk pertumbuhan ikan.

Pengolahan Fermentasi Ampas Kelapa

style=”line-height: 1.7;”Kemudian untuk proses awal pengolahan ampas yaitu proses fermentasi dengan dicampur Aspergillus Oryzae. Tujuannya sendiri untuk meningkatkan daya cerna proteinnya. Perlu diketahui bahwa ada beberapa metode dalam fermentasi ampas kelapa dengan menggunakan beberapa bahan tambahan seperti berikut:

  1. Fementasi dengan menggunakan ampas kelapa, pelet, serta kanji. Pembuatannya dengan cara :
    1. Ampas ini dilakukan dengan dicampur pelet lalu keringkan diudara terbuka selama 4-5 hari.
    2. Kemudian Setelah kering, haluskan campuran bahan tadi dan pelet.
    3. Campurkan dengan kanji serta air.
  2. Selanjutnya ampas kelapa, ragi tape, dan mineral B12. Untuk pembuatannya dengan cara :
    1. Peras sampai kadar airnya habis.
    2. Lalu di kukus
    3. Setelah itu keringkan selama 30 menit di udara terbuka.
    4. Ampas kelapa yang telah kering sebar merata lalu taburkan ragi tahu atau tempe.
    5. Setelah itu aduk hingga merata.
    6. Masukkan ke dalam emeber peram 2-3 hari.
    7. Setelah di peram , ampas bisa di keringkan.
    8. Ampas akan bertahan selama 2 bulan.

Nah, Itulah beberapa cara membuat pakan ikan dari ampas kelapa dengan cara di fermentasi. Memang, sangat di perlukan penyediaan makanan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hasil perikanan terutama pakan yang mengandung nutrisi dasar protein.

Ampas adalah solusi pakan untuk bagi pecinta ikan atau peternak ikan. Selain itu juga dapat membantu meringankan biaya pakan ikan yang terus melambung tinggi. Cara mendapatkannya pun relatif mudah, waulupun tidak diperjual belikan. Namun, bisa untuk mencari tempat penggilingan kelapa atau tempat pembuatan makanan berbahan dasar kelapa.

Kemudian hal yang terpenting dalam budidaya ikan ini adalah ketersedian pakan yang berkualitas. Adanya pakan yang berkualitas sangat berpengaruh dalam meningkatnya pertumbuhan ikan. Pada pertumbuhan ini  merupakan sebuah perubahan ukuran tubuh ikan


Terima kasih telah mengunjungi website kami

Phone/WA: +62813-5874-6663 atau klik disini
Website: https://jualmesin.co.id/
Follow Us on Instagram: https://www.instagram.com/inagiofficial/
https://www.instagram.com/jualmesin.inagi/

Pabrik Mesin INAGI (PT Inovasi Anak Negeri)·
Jalan Lesanpuro Gang 12 Nomor 30, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, 65138

AMPAS KELAPA TIDAK PENTING? SALAH! MANFAAT AMPAS KELAPA UNTUK PAKAN IKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *