Makanan Dibakar? Hampir semua orang berdebat mengenai cara memasak yang benar. Memasak dengan cara digoreng atau dibakar, sebenarnya lebih sehat yang mana? Karena memang jika metode memasak tidak sesuai akan berdampak kepada kualitas makanan serta kesehatan.

Memasak dengan cara dibakar atau panggang adalah jenis metode memasak yang paling populer sejak dulu. Salah satu contoh makanan yang dibakar adalah sate ayam atau ikan bakar, cara memasaknya hanya menggunakan panas dari arang atau sumber api saja.

Jadi proses memasak dengan cara dibakar ini dengan suhu tinggi tidak baik, karena akan merusak protein yang terkandung di dalam bahan makanan itu. Apalagi menggunakan bahan utama ikan dan daging, protein dari bahan tersebut berubah menjadi amina heterosiklik. Sehingga jika masuk ke dalam tubuh akan meningkat dan juga akan mengakibatkan peningkatan resiko besar yaitu kanker payudara, kanker lambung, kanker usus besar dan kanker lambung.

Perlu diketahui tidak semua daging dimasak dengan cara dibakar akan membahayakan yah.. dengan proses dibakar ini anda akan menghindari pengaruh buruk dari penggunaan minyak yang akan mengakibatkan kolestrol jahat yang masuk kedalam tubuh.

Makanan Dibakar

Tapi dengan proses dibakar pasti ada bagian yang mengalami gosong. Bagian yang gosong itu namanya Akrilamida. Akrilamida sendiri ini terbentuk akibat proses pemasakan dengan suhu tinggi, rendah kelembapan, serta tinggi gula. Dengan begitu bukan berarti digoreng lebih bagus ya. Karena dengan cara digoreng terbukti menghasilkan kadar akrilamida paling tinggi dibanding dibakar atau dipanggang. Pada dasarnya kunci senyawa itu terbentuk karena memasak dengan suhu tinggi, rendah kadar kelembapan serta bahan pangan yang tinggi gula.

Ciri-ciri adanya akrilamida ini adalah

  • Adanya warna hitam pada makanan yang dibakar
  • Warna kecoklatan

Yang bisa untuk mengurangi adanya akrilamida ini dengan mengurangi proses pemasakan, jangan simpan makanan tinggi gula dalam kulkas dan melakukan blansing sebelum pemasakan

Dalam memilih makanan dengan proses dibakar perlu yang kalian harus lakukan seperti:

  1. Jangan terlalu Sering, jadi mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan berdampak pada tubuh kita. Begitu halnya dengan memasak dibakar. Selain itu menggunakan bumbu yang sederhana, jangan membuat bumbu yang lebih tebal karena akan membuat bagian akan lebih gosong (Akrilamida) sehingga memicu karsinogen
  2. Pilih Daging Sehat, bahan yang digunakan baik dari daging unggas, daging merah atau sejenis ikan memberikan manfaat tubuh. Disarankan menggunakan daging merah. Memilih daging tanpa lemak karena dapat memperkecil bahaya makanan yang dibakar.
  3. Panggang dengan cara tepat, panggang sebentar saja bisa mengolah bahan makanan dengan direbus atau dioven sehingga tidak mengalami akrilamida pada makanan dan mengundang karsinogen tinggi pada makanan.

Kemudian untuk memasak dengan cara digoreng ini adalah jenis metode yang sering digunakan saat ini. Salah satu contoh makanan yang digoreng adalah french fries, cara memasaknya pun dengan menempatkan makanannya diatas minyak dan wajan dipanaskan dengan suhu tinggi. Proses penggorengan ini membuat aroma menjadi lebih renyah dan lezat.

Kemudian proses makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak ini tidak sehat dan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Termasuk sering menggunakan minyak penggorengan lebih dari tiga kali pemakaiannnya meski terlihat jenih akan tetapi kandungannya merusak tubuh. Karena memang minyak telah digunakan berulang-ulang. Dengan menggunakan minyak berulang-ulang akan mengakibatkan kolestrol jahat yang memicu penyakit jantung.

Sebaiknya menghindari penggunaan tersebut karena berbahaya bagi kesehatan berbagai jenis penyakit termasuk liver atau hati. Makanan digoreng akan aman dikonsumsi jika prosesnya tepat seperti:

  1. Tidak mengandung minyak bekas
  2. Kemudian jenis ikan tidak digoreng terlalu matang apalagi hingga gosong dan menghilangkan protein yang dikandungannya
  3. Makanan yang digoreng tidak mengandung banyak minyak.

Dengan demikian dapat disimpulkan memasak dengan jenis apapun baik dibakar atau digoreng aman dikonsumsi untuk kalian asalkan memperhatikan proses yang aman dalam memasaknya.


Terima kasih telah mengunjungi website kami

Phone/WA: +62813-5874-6663 atau klik disini
Website: https://jualmesin.co.id/
Follow Us on Instagram: https://www.instagram.com/inagiofficial/
https://www.instagram.com/jualmesin.inagi/

Pabrik Mesin INAGI (PT Inovasi Anak Negeri)·
Jalan Lesanpuro Gang 12 Nomor 30, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, 65138

Makanan Dibakar Lebih Bahaya Dari Pada Digoreng, Kata siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *