Pasteurisasi Susu

Pasteurisasi Susu dengan Sistem Kejut Listrik

Saat ini susu adalah komoditas utama dalam memenuhi nutrisi harian untuk tumbuh dan berkembang, terutama saat usia balita. Untuk orang dewasa sendiri susu juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena jika kita berhenti minum susu, maka akan berpengaruh pada kesehatan seseorang. Untuk orang dewasa sendiri dibutuhkan 200 ml susu setiap harinya. Ada beberapa produk olahan susu seperti yogurt, keju, es krim, mentega yang bisa dijadikan alternatif jika bosan meminum susu cair. Masalah yang dihadapi di masyarakat saat ini terkadang susu cepat basi dan tidak tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama. maka dari masalah tersebut dibutuhkan teknologi tepat guna yang berfungsi memperpanjang umur simpan, khususnya susu cair. Ada beberapa cara untuk memproses susu agar tahan lama, yaitu : UHT, pasteurisasi, dan Sterilisasi susu.

Baca Juga : Mesin Pengolahan Susu

Pasteurisasi susu merupakan proses pemanasan susu dengan tujuan memperlambat pertumbuhan mikroba dan mumbunuh bakteri yang terdapat di dalam susu. Jika susu tidak di pasteurisasi maka menyebabkan kerusakan pada saat penyimpanan dan berakibat fatal bagi yang mengkonsumsi. Lebih buruknya nilai jual susu menjadi rendah pada kalangan peternak sapi perah. Tetapi kelemahan dari metode ini adalah ketika metode ini digunakan kandungan protein di dalam susu akan pecah. Berdasarkan uraian mengenai dampak negatif dari metode pengolahan pangan thermal (panas), maka diperlukan suatu metode pengganti yang lebih efektif, ekonomis dan efisien tanpa merubah warna, bau dan kandungan gizi produk olahan.

Pasteurisasi Susu
Mesin Pasteurisasi Susu (IG : @milktechnology)

Salah satu cara baru dalam mengelolah susu agar tahan lama secara non termal (tanpa panas) adalah Pulsed Electric Field (PEF) / metode kejut istrik dengan tegangan tinggi. Pulsed Electric Field (PEF) masih terbilang baru di Indonesia, selain itu metode ini menawarkan kelebihan dalam mempertahankan kualitas nutrisi, citra rasa, dan kandungan lainnya dalam bahan pangan selama proses pengolahan. Senyawa-senyawa kecil yang sensitif seperti vitamin tidak rusak dengan perlakuan proses PEF. Proses dari Pulsed Electric Field (PEF) didasarkan pada aplikasi denyut pendek pada tegangan tinggi (20-80 kV/cm) ke bahan makanan pada suhu kamar atau di bawahnya selama beberapa detik untuk memperkecil kerusakan yang disebabkan oleh pemanasan.

Pasteurisasi Susu
Pasteurisasi Susu (Photo by Debby Hudson on Unsplash)

Perlu Cara/Treatment Khusus Supaya Susu dapat Lebih Tahan Lama Tanpa Mengurangi Kualitas Kandungan Nutrisi di dalamnya

MILKTECH merupakan divisi khusus di perusahaan kami yang fokus memproduksi aneka mesin dan alat yang berkaitan dengan segala macam aktivitas pengolahan susu. Salah satu produknya yaitu mesin pasteurisasi susu kejut listrik tegangan tinggi yang mampu membunuh bakteri dalam susu tanpa merusak kandungan di dalamnya. Hal tersebut menunjukan bahwa pasteurisasi susu dengan kejut listrik lebih baik daripada menggunakan sistem pasteurisasi dengan memanaskan susu (cara pasteurisasi konvensional), pasteurisasi susu dengan pemanasan saja justru akan menghilangkan banyak protein dan merusak kualitas susu. Pasteurisasi susu dengan metode kejut listrik memiliki kadar protein mencapai 95 – 98%, sedangkan pasteurisasi susu dengan memanaskan hanya 50% saja. Perbandingan lainnya pasteurisasi susu dengan kejut listrik dapat bertahan hingga 1 minggu, sedangkan pasteurisasi dengan pemanas hanya bertahan 3 hari saja. Dari segi efisiensi pasteurisasi dengan kejut listrik sangat baik karena hanya memakan daya sebesar + 300 Watt jika dibandingkan dengan pasteurisasi thermal sampai lebih dari 1000 Watt (pemanasan dengan kompor listrik).

Kunjungi Juga situs kami yang khusus membahas tentang aneka mesin pengolahan susu berikut https://www.susulistrik.com/

Dalam menciptakan teknologi pengolahan susu yang mutakhir, MILKTECH telah mempelopori pengolahan susu tanpa menggunakan sistem pemanasan di Asia Tenggara yaitu dengan sistem kejut listrik tegangan tinggi (Pulsed Electric Field), teknologi ini memberikan manfaat yang besar di antaranya dapat mempertahankan kandungan gizi dan protein agar tidak rusak, mempertahankan aroma, bau dan rasa dalam susu. Sehingga nilai lebihnya selain susu aman untuk dikonsumsi langsung, susu juga memiliki masa umur simpan yang lebih panjang serta meningkatkan nilai jual susu.
[HM]

Butuh konsultasi tentang kebutuhan mesin Anda, Chat Kami!
Whatsapp Jual Mesin Telepon Jual Mesin

Pasteurisasi Susu dengan Sistem Kejut Listrik
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *